Begini Cara Ibu Memenuhi Gizi Seimbang Anak, Selengkapnya Cek SehatQ.com


Penting bagi ibu untuk memberikan asupan gizi yang baik bagi anak. Dengan memenuhi gizi seimbang maka anak akan tumbuh dengan sehat. Anak yang sehat tentu kebahagian bagi kedua orangtua.

Pastinya kita sudah tak asing lagi dengan slogan “4 sehat 5 sempurna” bukan? Namun, sampai hari ini beberapa orang banyak salah mengartikannya. Konsep tersebut sudah lama ditinggalkan, saat ini konsep yang benar menurut para ahli adalah dengan konsep gizi seimbang.

Gizi seimbang adalah sebuah konsep dalam pemenuhan gizi bagi kebutuhan tubuh. Setiap orang dalam memenuhi gizi seimbang itu berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi karena perbedaan usia, gender, hingga kondisi kesehatan yang dipengaruhi oleh kegiatannya sehari-hari.

Pemenuhan gizi bagi ibu akan berbeda dengan sang anak. Dalam kegiatannya sehari-hari, ibu akan lebih banyak membutuhkan asupan energi apalagi bagi ayah yang bekerja di luar rumah. Walaupun demikian, tetap penting bagi kita semua untuk memenuhi gizi seimbang.

Perlu sahabat ketahui, konsep gizi seimbang tidak hanya diukur dari kuantitas makanan yang masuk ke dalam tubuh melainkan juga dinilai dari kualitas, variasi, serta usaha untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi. Kamu bisa memaksimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh dengan rajin berolahraga, istirahat yang cukup, menghindari kebiasaan buruk, menjaga kebersihan lingkungan serta banyak lagi.

Cara Ibu Memenuhi Gizi Seimbang Anak

Bagi ibu, penting untuk memantau gizi seimbang bagi si kecil. Ada beberapa cara berikut ini dalam memenuhi gizi seimbang bagi anak. Yuk, simak!

1. Jadwalkan Waktu Makan

Cara pertama ini sederhana sekali, tetapi butuh kekonsistenan yang ekstra. Bagaimana tidak, sebagian orang merasa sulit untuk makan secara teratur. Sebelum menerapkannya pada anak, ibu harus tegas pada dirinya sendiri untuk ikut menjadwalkan waktu makan. Waktu makan yang baik adalah sekali di pagi hari, sekali di siang hari, dan sekali di malam hari. Tentunya tiga kali sehari dengan selingan cemilan sehat mampu membuat gizi anak tercukupi dengan seimbang.

2. Jangan Suka Makan Makanan Cepat Saji

Memang makanan cepat saji adalah cara instan untuk mengganjal perut lapar. Tetapi, ibu perlu tahu bahwa makanan tersebut tidak baik untuk anak. Jaga selalu asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh anak, hindari makanan cepat saji seperti junk food.

3. Perbanyak Makan Serat

Anak ibu mengalami obesitas ? Coba untuk memperbanyak makan makanan yang berserat tinggi. Makanan yang memiliki serat tinggi bisa menurunkan berat tubuh si kecil. Cocok untuk orang yang ingin diet, serta cocok pula untuk menurunkan berat badan anak yang sudah terlalu berlebihan. Selain itu, makanan berserat memang baik untuk memenuhi gizi seimbang.

4. Kurangi Garam, Perbanyak Minum Air Putih, Konsumsi Buah dan Sayur serta Banyak Lagi

Sebenarnya ada banyak lagi cara ibu memenuhi gizi seimbang anak. Kamu bisa membaca artikel kesehatan di berbagai sumber terpercaya, seperti SehatQ.com. Nah, pada bagian terakhir ini sedikit cara lain yang bisa dilakukan bagi ibu yaitu dengan mengurangi asupan garam, memperbanyak minum air putih, serta mengonsumsi buah dan sayur yang menyehatkan.

Beberapa cara di atas jika diterapkan dengan baik, maka akan ada banyak manfaat gizi seimbang yang diperoleh bagi si kecil.

Sekian penjelasan mengenai cara ibu memenuhi gizi seimbang anak. Informasi selengkapnya bisa langsung meluncur ke website SehatQ yang menyajikan banyak artikel mengenai kesehatan. Semoga kita selalu menjaga kesehatan diri kita masing-masing juga ya.

Tidak ada komentar untuk "Begini Cara Ibu Memenuhi Gizi Seimbang Anak, Selengkapnya Cek SehatQ.com"